Manfaat Kopi Pencegah Depresi

Posted by Arismel hidayat on Saturday, March 30, 2013

Manfaat kopi - Sihitam nais ini begitu digemari setiap orang, meski identik dengan minuman untuk pria, para wanita juga banyak yang kecanduan meminumnya. Ada dua jenis kopi yang paling dikenal orang yaitu kopi robusta dan arabika. Keduanya memiliki rasa yang dicintai penggemar kopi. Manfaat kopi juga sudah mengalami perkembangan, dulu sebagai alat pergaulan sekarang menjadi bahan untuk spa, luluran dan masker wajah. Berarti manfaat kopi juga bisa untuk kecantikan dan pengobatan, seperti apa manfaat kopi tersebut?
manfaat-kopi

Manfaat kopi untuk kecantikan dan perawatan tubuh 

1. Untuk masker wajah 
Manfaat kopi bisa digunakan untuk mengencangkan kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati. Cara membuat masker dari kopi adalah bubuk kopi dicampur dengan coklat, susu bubuk dan molase.

2. Untuk revitalisasi kulit
Kulit kering bisa dilembabkan dengan membaut scrub dari bubuk kopi yang dicampur dengan susu bubuk dan buat pasta. Oleskan pada bagian kulit yang mengering dan pijat secara melingkar, diamkan pasta tersebut sampai mengering kemudian bersihkan. Lakukan ini rutin agar kulit anda menjadi segar kembali.

3. Untuk body message
Ingin tampil lebis segar dengan kulit yang bersih dan mulus bisa diciptakan dengan melakukan body message menggunakan kopi bubuk yang dicampur dengan mentega. Cara ini bisa mngencangkan kulit dan memperlambat pengeriputan pada kulit.

Manfaat kopi untuk pengobatan:

1. Mencegah batu empedu
Ini dibuktikan oleh peneliti Harvard pada 2002 menemukan bahwa wanita yang meminum sedikitnya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25 persen lebih rendah dari batu empedu.Hasil ini juga berlaku untuk pria.

2. Mengurangi tingkat depresi
Meminum secangir kopi setiap hari mampu meningkatkan kinerja otak lebih baik. Antioksidan pada kopi mampu menangkal kerusakan sel otak dan memicu kinerja saraf lebih maksimal. Kafein yang terdapat pada kopi berfungsi sebagai stimulan yang meransang indra kita untuk bekerja efektif dan meningkatkan metabolisme sehingga meningkatkan kosentrasi, mampu mengatur suasana hati dan menurunkan tingkat depresi.

3.Mencegah kanker kulit
Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Rutgers di New Jersey Amerika Serikat menyimpulkan bahwa kafein mampu menghalang perkembangan kanker kulit karena dapat menghambat enzim protein dalam kulit atau sering disebut ART. Dengan mengoleskan bubuk kopi pada kulit dapat menghalangi sinar ultraviolet yang menjadi pemicu kanker kulit.

Manfaat kopi yang begitu banyak bukan berarti anda mengkosumsinya secara berlebihan, jika mengkosumsinya melebihi takaran yang dianjurkan justru anda tidak akan mendaaptkan manfaat kopi yang sebenarnya melainkan menimbulkan berbagai penyakit. Sebaiknya mengkosumsi kopi cukup 1 cangir setiap harinya. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment