Manfaat Jeruk Nipis Untuk Penyakit Sehari-Hari

Posted by Unknown on Friday, March 29, 2013

Manfaat jeruk nipis - Buah yang satu ini memang sangat ampuh untuk mengangkat noda, noda apa saja yang lengket pada kulit bisa diangkat oleh jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis sangat dekat dengan keseharian kita, mencuci piring, jus, didapur selalu dibutuhkan. Noda apa saja bisa diangkat dengan mudah seperti lemak, minyak, tinta, pewarna dan lainya. Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan juga sangat banyak.
manfaat-jeruk-nipis
Manfaat jeruk nipis tidak bisa dibahas dalam satu artikel ini saja, mungkin membuat anda bosan membacanya jika dituliskan disatu halaman ini saja. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya hanya mengulas manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang paling sering kita temui sehari-hari sekaligus cara meramunya.

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal. 

Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis ini bisa mengobati berbagi penyakit seperti:

1. Batuk
Saat cuaca selalu berobah secara drastis dan kondisi tubuh kurang fit, batuk sering melanda kita. Jeruk nipis adalah obat paling ampuh untuk mencegah batuk, kandungan minyak atsisi limonen, asam sitrat, linalin asetat, fillandren dan bioflanid bisa menghentikan batuk. Cara meramunya cukup mudah, sediakan 1 jeruk nipis dan peras airnya, campur dengan 1 sendok makan mau dan sedikit garam. Aduk hingga rata dan kemudian diminum 2-3 kali sehari. Bisa juga dengan perasan jeruk nipis yang dicampur dengan gula aren dan diminum 1 kali sehari. Jika desertai dengan influenza ramuannya berbeda, peras jeruk nipis dan seduh dengan air panas 60cc tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih dan diminum 2 kali sehari 2 sebdok makan.

2. Deman dan Flu
Demam dan flu bisa menyerang semua orang, jika kondisi tubuh menurun biasanya selalu disertai dengan demam dan flu. untuk mengatasinya buatah ramuan perasan jeruk nipis yang dicampur dengan 3 siung bawang merah yan sudah dilumatkan kemudian tambahkan 1 sendok minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita demam.

3. Untuk Jerawat
Jerawat biasanya tumbuh akibat radikal bebas dan debu yang menempel diwajah, jika tidak segera dibersihkan maka menyumbat pori-pori wajah dan akhirnya terjadi infeksi yang disebut dengan jerawat. Agar wajah anda terbebas dari jerawat ada bisa membersihkannya dengan air jeruk nipis. Oleskan saja jeruk nipis diwajah  sampai wajah benar-benar terasa bersih dan bilas dengan air. Untuk hasil yang maksimal anda bisa menambahkan 1 sendok makan madu dan dioles bersama dengan jeruk nipis, diamkan selama 3 menit dan bilas dengan air.

4. Untuk Pemutih Kulit
Vitamin C pada jeruk nipis sangat baik untuk antioksidan, vitamin C jeruk nipis memiliki ikatan L pada setiap molekulnya sehingga sangat baik untuk memutihkan kulit. Cara meramunya adalah dengan mencampurnya dengan putih telur. Air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan putih telur dioleskan pada wajah seperti masker wajah dan biarka nselama 5-10 menit. Lakukan cara ini rutin dan lihat hasilnya.

5. Untuk Amandel
Kelenjer amandel yang meradang membuat anda tidak bisa memakan apa-apa. Amandel anda bisa disembuhkan dengan membaut ramuan dari jeruk nipis. Sediakan 3 buah jeruk nipis dan ambil kulitnyadan potong-potong, rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Gunakan air tersebut untuk berkumur 3-4 kali sehari. 

6. Haid Tidak Teratur
Kalau mengalamai masalah haid yang tidak teratur, gunakan 3 sendok makan air jeruk nipis yang dicampur dengan 1 sendok madu kemudian diaduk dalam 2 gelas air panas dan diminum selagi hangat. Lakukan cara ini 3 kali sehari sampai haid normal kembali.

7. Menghentikan Kebiasaan Merokok
Caranya sangat mudah, Saat anda berkeinginan merokok, minum perasan jeruk nipis dan hisap rokok anda. Lakukan ini setiap anda ingin merokok, lama kelamaan rasa rokok tidak enak lagi. Alangkah baiknay cara ini anda maksimalkan dengan meminum air putih 2-3 liter sehari, lakukan setiap hari selama seminggu. Cara ini juaga pernah saya lakukan sendiri dan cuma butuh 4 hari, its work!

8. Untuk Sakit Gigi
Sakit gigi memang palign menyakitkan diantara penyakit yang lain. Buktinya anda pasti mau marah dan pingin giginay segera dicabut jika sedang sakit gigi. Jangan buru-buru dicabut, ada baiknya anda mencoba ramuan air jeruk nipis yang dicampur dengan akar kecubung hitam dan legetan warak yang digiling masing-masing 1 sendok makan. Masaukan ke 3/4 gelas air garam dan diaduk sampai rata. Saring, dan gunakan sebagai obat kumur. lakukan 4-6 kali sehari sampai sakit gigi anda sembuh.

9. Mencegah rambut rontok dan ketombe
Masalah ini juga paling banyak dialami, untuk mengatasinya sangat mudah dilakukan, anda cukup mengolesakan secara merata kekulit kepala dan rambut anda air perasan jeruk nipis. Bungkus dengan handuk bersih dan diamkan semalaman. Lakukan cara ini 3 kali seminggu.

10. Untuk Mengobati Terkilir
Terkilir termasuk yang paling sering kita alami, biasanya saat kita ceroboh melangkah, terpeleset high heels, saat berolah raga bahkan aktifitas kantor dan dimana saja bisa memicu terkilir. Untuk mengobatinya ambil 3 buah jeruk nipis yang sudah masak dan belah menjadi dua bagian. Masukan kedalam wadah dan diseduh degan 1/2 cangkir air panas dan tutup rapat. Setelah dingin, ambil jeruknya dan diperas airnya. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Olesakan pada bagian terkilir dan dipijat lembut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum 3/4 air kelapa hijau yang masih muda. Lakukan cara ini 3 kali sehari.

manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan

Manfaat jeruk nipis yang begitu banyak saya kelompokan pada kelompok penyakit yang paling sering kita alami sehari-hari. Hal ini dimaksudkan agar pembaca tidak bosan membacanya dan manfaatnya bisa langsung diaplikasikan, tidak hanya sekedar tahu saja. Tapi jika ingin tahu lebih banyak lagi dengan manfaat jeruk nipis untuk pengobatan berat, manfaat jeruk nipis untuk kecantikan dan bahkan manfaat jeruk nipis untuk yang lainnya akan saya bahas pada segmen berikutnya, semoga artikel ini bermanfaat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment