Manfaat Daun Sirih dan Cara Meramunya

Posted by Unknown on Saturday, March 23, 2013

Orang dahulu menggunakan sirih untuk dikunyah sehari-hari, sudah menjadi kebiasaan dan alat untuk pergaulan bagi mereka. Berbeda dengan manfaat daun sirih pada zaman sekarang, setelah dipelajari lebih mendalam ternyata kebiasaan orang dahulu memeberikan banyak manfaat daun sirih untuk kesehatan mereka. Mereka tidak mudah sakit, punya gigi yang kuat dan tidak memiliki bau badan yang menyengat. 
manfaat-daun-sirih

Beberapa manfaat daun sirih yang paling sering dan paling banyak ditemukan adalah sebagai penguat gigi. Hampir sebahagian besar produk pasta gigi menggunakan sirih sebagai pemutih alami untuk gigi. Manfaat daun sirih sebagai obat alami yang lainya juga sangat banyak, Contohnya sebagai obat diare, pendarahan pada gusi, penghilang bau badan, obat batuk, mengobatai keputihan, bisul, bronkitis, mimisan dan masih banyak lagi. Bagaiman cara yang baik untuk meramu daun sirih agar manfaat daun sirih langung terasa.

1. Obat diare
Diare memang cukup sering terjadi pada kita, apakah karena makan  pedas, makan makanan yang tidak sehat atau makanan yang sudah basi. Untuk mengobati diare anda bisa petik 4 sampai 6 lembar daun sirih, 6 buah biji merica dan satu sendok makan minyak kelapa. Campirkan ketiga bahan tersebut dan giling sampai halus kemudian gosokan pada perut yang terkena diare.

2. Pendarahan pada gusi
Kalau sedang panas dalam atau sakit gigi biasanya gusi berdarah, untuk menghentikan pendarahan ambil 10 lembar daun sirih yang sudah dibersihkan. rebus dengan 5 gelas air. Pisahkan air dari ampas daun sirih, gunakan untuk berkumur.

3. Penghilan bau badan.
Hari gini masih bau badan? difosilin aja.. Daun sirih paling ampuh buat mengusir bau badan. Caranya, ambil daun sirih yang sudah bersih 2-3 lembar dan rendam dengan air panas, tambahkan 1 sendok teh gula pasir. Biarkan sampe hangat kuku kemudian diminum. 

4. Obat batuk
Untuk mengobati batuk, ambil 5 lembar daun sirih, 11 biji cengkeh, 11 biji kemungkus, 11 biji kapulaga dan kayu manis sebesar jari tangan. Bersihkan dan rebus dengan 2 gelas air, rebus sampai tinggal kira-kira 1,5 gelas air. Minum air hasil rebuasan 3 kali sehari.

5.Obat keputihan.
Untuk pencegah keputihan cukup mudah pengolahanya, cukup dengan merebus beberapa lembar daun sirih dan gunakan untuk mencuci bagian kewanitaan anda. Lakukan setiap kali anda ke toilet. Untuk hasil yang lebih manjur anda juga bisa meminumnya, tapi tambahkan beberapa bahan lain seperti kunyit, daun tapak liman dan kumis kucing. Rebus dan kemudain minum sampai keputihan hilang.

6. Obat Bisul
Untuk pengobatan bisul, ambil daun sirih secukupnya, bersihkan dan tumbuk sampai halus, tempelkan pada bisul dan ganti dengan ramuan baru 2 kali sehari sampai bisul sembuh. 

7 Bronkitis
Untuk brongkitis, ambil 6-7 helai daun sirih, bersihkan dan rebus dengan 2 gelas air, biarkan sampai air mendidih dan tinggal 1,5 gelas. saring dan minum 3 kali sehari.

8. Mimisan
Mencegah mimisan dengan daun sirih cukup mudah dan cepat, anda cukup melinting/menggulung daun sirih dan masukan kelubang hidung. Biarkan sampai mimisan berhenti.

manfaat-daun-sirih-untuk-mimisan

9.Untuk sakit jantung
Ambil daun sirih 3-5 lembar, rebus dengan 4 gelas air. Saring dam minum 2 kali sehari

Manfaat daun sirih tidak hanya sampai disitu saja, masih banyak manfaat lainya yaitu untuk luka bakar, kurap, korengan, exim dan masih yang lainya. 




{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment