Manfaat Buah Naga

Posted by Unknown on Thursday, June 13, 2013

Manfaat buah naga memang sudah banyak dilirik orang dan dimanfaatkan untuk menjaga dan mencega penyakit tertentu. Buah naga yang belum lama populer di Indonesia diyakin banyak mengandung manfaat. Seperti apa manfaat buah naga untuk kesehatan?
manfaat-buah-naga
Buah Naga

Buah Naga Sebelum kita mengenal apa saja manfaat buah naga mari kita kenal tanaman sejenis kaktus ini. Buah naga disebut juga dengan sebutan pitaya termasuk dalam marga Hylocereus dan Selenicereus yang aslinya berasal dari Meksiko. Akhir-akhir ini juga banyak dikembangkan dinegara asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Perkembangan budidayanya juga mencakup negara Jepang, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Bunganya hanya mengkar pada malam hari saja. 

Darimana asal nama “buah naga”? Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Untuk itu buah ini selalu diletakan diantara 2 patung naga yang berwarna hijau dimeja altar. Dari kebiasaan ini warga Vietnam yang terpengaruh oleh kebudayaan China menyebutnya dengan sebutan Thang Loy. Jika diterjemahkan dalam bahasa inggris disebut juga dengan Dragon Fruit atau buah naga dalam bahasa Indonesia. 

Manfaat buah naga sangatlah banyak, rasanya yang manis dan menyegarkan dengan khasiat yang banyak membuat buah naga begitu populer saat ini. Buah naga mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium, dan karbohidrat. Buah naga mengandung serat yang tinggi sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan. Banyak orang percaya buah ini dapat menurunkan kolesterol dan penyeimbang gula darah. 

Masih banyak manfaat buah naga seperti: 

1. Sumber antioksidanBuah naga cukup dikenal sebagai buah yang kaya dengan zat anti oksidannya. Antioksidan ini sangat baik menetralisir racun dan logam berat sehingga sangat baik dikonsumsi anda yang berada didaerah perkotaan. 

2. Sumber VitaminBuah naga sangat banyak mengandung vitamin seperti: 
 • Vitamin C, Vitamin C sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka memar. 
• Vitamin B1 dan B2, Baik untuk metabolisme tubuh dam meningkatkan nafsu makan.
• Vitamin B3, Mampu menurunkan tekanan darah serta menyembuhkan asma. 

3. Fosfor dan kalsium, bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi, menurunkan kadar gula dalam darah dan menurunkan berat badan. 

4. Kandungan serat, serat buah naga mampu menurunkan kadar glukosa darah dan memperlancar proses pencernaan. 

5. Zat Karoten, berguna untuk kesaehatan mata 

6. Kandungan lycopene, bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung, kanker, dan menurunkan tekanan darah. 

7. Mencegah Diabetes Melitus

Masih banyak manfaat buah naga yang lebih sepesifik, manfaat buah naga diatas yang paling sering dan banyak dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah naga memang sangat enak apalagi di jus, selain enak kaya manfaat. Anda bisa meminumnya rutin berupa jus agar bisa segera merasakan manfaat buah naga.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment