Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Posted by Unknown on Thursday, June 13, 2013


Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil bisa dirasakan jika sang ibu rutin meminumnya sesuai anjuran dokter. Kebiasaan meminum susu kedelai tidak begitu familiar dikalangan ibu hamil sehingga lebih banyak mengandalkan susu yang sudah bermerk yang sudah ada label gizi yang dikandungnya. Memang kita harus selektif apalagi untuk kehamilan, tapi tidak ada salahnya jika ibu hamil juga melirik susu kedelai sebagai pendamping untuk menjaga kesehatan kehamilannya.

manfaat-susu-kedelai-untuk-ibu-hamil
Manfaat Susu Kedelai

Manfaat susus kedelai untuk ibu hamil meski tidak familiar karena rasanya yang sedikit berbeda dengan susu sapi tapi ini terbuat dari bahan nabati yang seharusnya lebih bisa dipercaya karena lebih alami. Apa saja manfaat susu kedelai untuk ibu hamil?

1. Sumber Asam Folat
Susu kedelai mengandung asam folat yang bisa mencukupi kebutuhan asam folat untuk ibu hamil. Asam folat itu sendiri berfungsi untuk membantu memaksimalkan perkembangan sel saraf pada janin. Asam folat sangat penting apalagi pada trimester pertama kehamilan.

2. Sumber Protein
Susu kedelai kaya akan protein nabati berbeda dengan protein  susu sapi, protein nabati lebih ramah untuk tubuh. Protein ini sangat dibutuhkan untuk ibu hamil untuk menjaga perkembangan janin, memperbaiki jaringan yang rusak, mengoptimalkan perkembangan oragan janin dan memelihara fungsi oragan-organ pada janin. Protein juga berfungsi menjaga kondisi tubuh ibu hamil agar tetap prima.

3. Mencegah Kelebihan Berat Badan Pada Ibu Hamil
Ibu hamil yang takut berat badannya naik namun tidak ingin asupan nutrisinya berkurang ada baiknya menganti lemak dengan lemak nabati. Lemak nabati yang bersasal  dari susu kedelai aman dan tudak berpengaruh untuk kelebihan berat badan eesaat dan setelah kehamilan.

4. Sumber Karbohidrat
Tidak hanya protein, karbohidrat yang terkandung dalam susu kedelai juga mampu memenuhi kebutuhan asupan karbohidrat ibu hamil. Karbohidrat ini membantu menjaga ibu hamil agar tetap kuat dalam masa kehamilan.

5. Sumber Vitamin A
Susu kedelai mengandung karoten yang merupakan sumber vitamin A. Vitamin A sangat baik untuk menjaga indra penglihatan dan pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.

6. Sumber Vitamin B
Pada susu kedelai juga terkandung vitamin B1 yan berperan dalam reaksi-reaksi dalam tubuh sehingga menghasilkan energi yang banyak dibutuhkan selama masa kehamilan.

7. Sumber Vitamin E
Vitamin E juga terkandung didalam susu kedelai yang berfungsi untuk mencegah keguguran, meningkatkan kesuburan, meningkatkan produksi ASI, sebagai anti oksidan dan mencegah penyakit jantung.

8. Kaya Akan Serat
Pada saat hamil, biasanya sisitim percenaan kerap terganggu akibat gejilak metabolisme yang tidak stabil. Pada susu kedelai terdapat cukup serat sehingga mampu mengurangi masalah metabolisme dan pencernaan sehingga lebih memaksimalkan penyerapan gizi-gizi makanan untuk kebutuhan ibu hamil dan janinnya.

9. Sumber Kalsium
Kalsium sangat dibutuhkan untuk ibu hamil, Jika kalsium tercukupi maka pertumbuhan janin akan semputna dan ibu tidak mengalami keletihan dan layu saat beraktifitas. Susu kedelai mengandung kalsium namabti yang cukup tinggi.

10. Sumber Isoflavon
Isoflavon berfungsi meningkatkan fungsi kognitif tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat metabolisme dan banyak lagi. Pada susu kedelai banyak terdapat kandungan isofavon sehingga sangat baik untuk membantu ibu hamil.

manfaat-susu-kedelai-untuk-ibu-hamil-1
Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Apapun yang anda konsumsi selama masa kehamilan seharusnya konsultasikan duku kedokter, termasuk mengkonsumsi susu kedelai ini. Tanyakan pada dokter berapakah takaran yang tepat untu kengkosnsumsi susu kedelai sebagai pendamping selama masa kehamilan. Setiap kita memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda untuk asupan gizi apalagi untuk kehamilan. Jika anda teliti maka manfaat susu kedelai untuk ibu hamil bisa anda rasakan.

{ 1 comments... read them below or add one }

Indra said...

Sudah banyak situs saya kunjungi, sudah banyak artikel saya baca, hanya disitus ini saya menemukan apa yang saya cari. Terima kasih banyak kepada admin yang baik hati.

Post a Comment