Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh

Posted by Unknown on Wednesday, April 3, 2013

Manfaat air kelapa sudah banyak kita rasakan tanpa kita sadari, karena banyak sekali yang menawarkan produk dari air kelapa yang bisa kita nikmati setiap hari. Apa saja manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh kita? 
manfaat-air-kelapa

Kelapa sangat identik dengan negara kita, tanaman yang tumbuh disepanjang pantai dan dataran rendah Indonesia ini memberikan manfaat yang sangat banyak. Semua bagian dari tanaman kelapa bisa dimanfaatkan. Namun yang paling populer dari kelapa adalah manfaat air kelapa untuk kesehatan. Minuman isotonik alami ini dipercaya mampu menggantikan carian tubuh yang hilang saat beraktifitas ringan. Tidak hanya itu, beberapa penyakit juga bisa disembuhkan dengan manfaat air kelapa ini. 

Kandungan apa yang menyebabkan air kelapa bisa mencegah datangnya penyakit tertentu?  Secara umum, air kelapa mengandung 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Jenis gula yang terkandung adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Dalam air kelapa juga terdapat asam amino dan vitamin. Air kelapa muda juga mengandung komponen fitokimia berupa tanin. Tanin bersifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri. Mineral terbanyak adalah kalium dengan kandungan 730 mg per 100 gram air kelapa muda, yang cukup banyak magnesium, dan klorida, sedangka natrium jumlahnya sangat sedikit. Komposisi minuman dengan rasio kalium (potasium) terhadap natrium yang tinggi sangat menguntungkan bagi kesehatan.

1. Melangsingkan tubuh
Air kelapa merupakan minuman rendah kalori, anda akan merasa kenyang lebih lama setelah meminumnya. Selain mengeluarkan racun dalam tubuh, air kelapa bisa membersihkan sistim peredaran darah dan mendorong oksigen  dalam darah. Air kelapa juga rendah lemah, menurunkan kadar koleserol dan mampu membakar lemak dalam tubuh.

2. Sebagai minuman penambah energi
Seperti yang dijelaskan diatas, kandungan zat gula seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa pada air kelapa cukup untuk mengembalikan energi yang hilang saat beraktifitas karena gula merupakan sumber energi yang cepat diolah oleh tubuh.

3. Bermanfaat untuk kulit
Biasakan rutin meminum air kelapa secara berkala, anda akan merasakan kulti semakin bersih, tidak kering dan terbebas dari noda. Ini dikarenakan air kelapa memiliki sifat pembersih racun didalam tubuh.

4. Mencegah infeksi saluran kemih.
Sifat anti racunnya juga bisa mencegah infeksi pada bagian intim wanita atau pria.

5. Minuman untuk ibu hamil
Air kelapa mengandung elektrolit, klorida, kalsium, kalium, natrium, dan riboflavin. Air kelapa juga kaya dengan vitamin C yang sangat dibutukan saat hamil. Air kelapa juga mengandung asam laurat yang ditemukan dalam ASI.


{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment